Kamis, 27 November 2014

Merancang Kegiatan Awal Pada Sebuah Pertemuan Pembelajaran

Merancang Kegiatan Awal Pada Pertemuan Pembelajaran


Merancang kegiatan yang akan dilakukan guru dan siswa dalam suatu pertemuan pembelajaran umumnya kurang mendapat perhatian para guru. Rancangan kegiatan ini perlu disusun pada sebuah Rencana Pelaksanan pembelajaran karena akan menjadi titik tolak kegiatan inti pembelajaran di kelas. Umumnya siswa memusatkan perhatian (konsentrasi)  terhadap apa yang akan kita bahas dalam pembelajaran. Kegiatan pendahuluan ini umumnya kurang mendapat perhatian para guru sehingga pembelajaran dirasakan kurang menyenagkan dan jauh dari tujuan pembelajaran yang diharapkan. Beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru pada kegiatan awal pembelajaran yaitu :

  1. Kondisikan agar susana pembelajaran menyenangkan, 
  2. kembali pada persoalan kompetensi guru untuk memancing perhatian siswa tehadap apa yang akan kita sampaikan. Sampaikan nilai manfaat dari apa yang akan kita bahas kepada mereka (siswa).
  3. Lakukan atau ajak siwa untuk mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan apa yang akan dipelajri atau dibahas dan dikembangkan  saat itu.
  4. Sampaikan kepada mereka (siswa) tentang manfaat dari kompetensi untuk kehidupan sehari-hari
  5. Sampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan tersebut
  6. Sampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan dilakukan 
animasi blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar